Wednesday, November 19, 2014

Kyai Ageng Muslim Di Mirah

Sebelah Timur Desa Golan terletak Desa Mirah yang kemudian beralih nama menjadi Nambangrejo, sekarang termasuk wilayah Sukorejo. Menurut cerita dinamakan Desa Mirah karena cikal bakal pendirinya, Kyai Muslim, memiliki anak perempuan bernama Mirah. Itulah sebabnya ayahnya yang disebut Kyai Mirah, desanya pun bernama Desa Mirah.

Kyai Ageng Mirah adalah putra Kyai Ageng Gribig. Konon Kyai Ageng berkelana mencari ayahnya yang pada waktu itu menjalani Laku Lelono Broto, (ritual dengan cara berjalan terus) menuruti kehendak hati dan kemana kaki melangkah, hingga terdampar dan bertempat tinggal di Mirah

Kesolehan dan kebaikan Kyai Muslim menjadikan desa Mirah makin ramai, oleh penduduk. Kyai Muslim diangkat menjadi tetua bernama Kyai Ageng Mirah. Kyai Ageng Mirah berwatak sabar, sederhana jujur, ikhlas hatinya mau menerima apa adanya, jauh dari keinginan atau pamrih tertentu. Maka tak heran semua mencintainya, taat dan setia lahir batin.

Kyai Ageng Mirah selalu mengajarkan ilmu kepada tetangganya, baik muda maupun tua. Mereka yang muda dituntun membaca huruf arab dan mengkaji firman Allah dalam Al-Qur'an. Kyai Ageng Mirah mengajarkannya dengan penuh perhatian, sabar dan telaten. Kepada yang tua diajarkannya ilmu kasampurnan, ajaran mendekatkan diri kepada pencipta. Kyai Ageng Mirah berupaya untuk membawa ilmu kasampurnan, sebab pada waktu itu mereka yang berusia lanjut merasa kesulitan untuk diajari mengaji. Ilmu kasampurnan ajaran Kyai Ageng Mirah mengarahkan kepada lanjut usia untuk lebih mendekatkan  diri kepada Pencipta. Kyai Ageng Mirah berupaya untuk membawa ilmu kasampurnan menjadi jalan untuk mengenal agama Islam. Ilmu Kasampurnan merupakan sangka paraning dumadi, orang diajarkan dari makna asalnya, mengakui adanya Tuhan, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Juga manusia mengetahui dari mana asal-usulnya, kewajiban sebagai khalifah di dunia, dan bekal yang harus dihadapi untuk menghadapi hari kematian. Kecuali mengajarkan ilmu kesempurnaan, Kyai Ageng Mirah juga seorang pertapa. Kyai Ageng Mirah selalu berupaya untuk mengembangkan, meluaskan dan menyebarkan agama Islam.




BABAD PONOROGO
JILID 1
PURWOWIJOYO

No comments:

Post a Comment