Wednesday, November 19, 2014

Ki Ageng Honggolono Di Golan

Ki Ageng Honggolono tokoh andalan yang menjadi tumpuhan masyarakat Golan, berdiam di Desa Karang. Konon Desa Karang bermula dari kemampuan Ki Honggolono mengajarkan ilmu karang (Ilmu Sihir), yang akhirnya menjadikan nama desa bernama desa karang. Namun karena perkembangan dan kemashuran nama Ki Honggolono akhirnya desa itu lebih dikenal dengan sebutan desa Golan, yang berasal dari kata honggolono yaitu cikal bakal pendiri Desa Golan. Pada saat ini Desa Golan termasuk kecamatan Sukorejo.

Saat itu Golan berada di bawah Kekuasaan Kademangan Surukubeng, Ki Honggolono merupakan salah satu tokoh kepercayaan kademangan. Jika dibutuhkan untuk menjalankan tugas dan memenuhi keperluan kademangan, tanpa menunggu perintah Ki Honggolono dapat menyelesaikannya dengan baik. Ki Honggolono disamping sakti juga terkenal
kekayaanya. Beliau adalah petani besar dan kuat. Kerbau maupun sapinya memenuhi kandang, ayam, itik, mentok, dan bebek berpencar memenuhi halaman. Ki Honggolono orang yang rajin mengerjakan sawah dan pekarangannya yang sangat luas karena itulah ia kaya raya memiliki banyak uang, emas dan berlian. Keadaan itu menjadikan Ki Honggolono keras tidak mau dikasar, tidak mau tersinggung, jika ada kesalahan sedikit saja leher yang menjadi taruhannya. Ki Honggolono merupakan saudara Ki Demang Kutu.

Ki Honggolono mempunyai anak tunggal laki-laki yang sangat dicintai dan dimanjakan, sehingga segala permintaannya selalu dituruti. Anak semata wayang itu bernama Joko Lancur.

Joko Lancur mempunyai kegemaran menyabung ayam. Ayamnya, Wido (hitam-keputih-putihan), terkenal ayam yang tangguh dan memiliki pengalaman memang di banyak arena sabung ayam. Bila menyabung ayam, Joko Lancur Ngluruk (mendatangi) desa lain. Namun seringkali sabung ayam yang diadakan berlanjut dengan pertengkaran karena Joko Lancur selalu saja makin menantang jika ayamnya menang, tetapi jika ayamnya kalah mereka seringkali marah dan membuat ulah.


BABAD PONOROGO
JILID 1
PURWOWIJOYO



No comments:

Post a Comment